KPU Lebak Sudah Terima Surat Suara Pileg 2014

KPU LEBAK – Pekan ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak telah menerima 3.690 dus surat suara Pemilu Legislatif 2014. Masing-masing dus berisi 1.000 lembar surat suara yang suap disortir dan dilipat sebelum didistribusikan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti.

Ketua Pokja Logistik Pemilu Legislatif KPU Lebak, Ace Sumirsa Ali mengungkapkan, surat suara dikirim dalam dua gelombang. Gelombang pertama datang pada Senin (17/2/14) sebanyak 1.930 dus yang diangkut dengan 5 (lima) container, sementara gelombang kedua datang pada esok harinya Selasa (18/2/14) sebanyak 1.760 dus yang diangkut dengan 4 mobil container.

“Masing-masing dus berisi 1.000 lembar surat suara. Jadi sekitar 3.690.000 lembar surat suara yang telah diterima KPU Lebak dari percetakan PT Gramedia, Jakarta untuk Pileg 2014 ini,” ujar Ace saat melakukan bongkar surat suara di gudang logistik KPU Lebak, Selasa (18/2/14).

Ace menyebutkan, logistic surat suara terdiri dari 992 dus untuk DPR-RI, 922 dus untuk DPD, 992 dus untuk DPRD Banten VIII. Sementara untuk DPRD Kabupaten Lebak dipecah menjadi 6 (enam) daerah pemilihan.

“Rinciannya, untuk Dapil Lebak I sebanyak 197 dus, Lebak II sebanyak 147 dus, Lebak III sebanyak 167 dus, Lebak IV sebanyak 150 dus, Dapil Lebak V sebanyak 122 dus dan Dapil Lebak VI sebanyak 144 dus. Selain itu masih ada 6 dus surat suara untuk pemilihan suara ulang. Jadi total dus surat suara yang kami terima dari KPU RI  sebanyak 3.690 dus,” ujarnya merinci secara detil.

Dalam kesempatan itu, mantan anggota Panwaslu Kabupaten Lebak ini menjelaskan bahwa sesuai jadwal tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, logistic surat suara akan didistribusikan ke TPS satu hari menjelang pelaksanaan pemungutan suara.

“Tentunya akan kami proses lipat dan sortir terlebih dahulu sebelum didistribusikan secara berjenjang hingga sampai di tingkat TPS,” imbuhnya seraya menjelaskan bahwa logistic yang masih ditunggu adalah tinta, segel dan formulir-formulir. Sebab logistic lainnya sudah tersedia di gudang logistic KPU Lebak.

Sementara itu, Ketua KPU Lebak, Ahmad Saparudin menegaskan bahwa dengan diterimanya logistic surat suara pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Lebak sudah semakin siap digelar.

“Insya Allah logistic sudah 85 persen tersedia dan siap didistribusikan,” terangnya. [asa]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *