Surat Suara Mulai Didistribusikan

KPU LEBAK – KPU Kabupaten Lebak mulai mendistribusikan surat suara Pemilu legislatif 2014, Sabtu (29/3). Pendistribusian dijadwalan tiga hari sampai Senin mendatang. Anggota kepolisian dan sekretariat KPU dikerahkan untuk mengawal ketat logistik paling penting untuk Pemilu tersebut.

Ketua Pokja Logistik KPU Lebak, Ace Sumirsa Ali mengatakan, setelah surat suara diterima Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), maka PPK akan melakukan pengesetan dan memasukan kebutuhan surat suara pada sampul II.S yang telah disediakan untuk setiap TPS.
“Pada saat pengesetan di PPK juga akan dilakukan pengawasan sangat ketat oleh KPU, Panwaslu dan Kepolisian,” kata Ace di Gudang Logistik Pemilu Mandala.

Menurutnya, meskipun pendistribusian dilakukan oleh pihak ketiga, tapi KPU Lebak tetap bertanggungjawab penuh terhadap surat suara. Mulai dari kesiapan armada, perlindungan surat suara diperjalanan, pengawalan sampai kondisi fisik pengemudi. “Kami harus memastikan surat suara diterima PPK pada kondisi baik dan jumlahnya sesuai dengan yang dibutuhkan, yakni sesuai jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap, red) dan dua persen tambahan,” ujarnya.

Selain surat suara, logistik Pemilu yang lainnya berupa sejumah formulir yang baru diterima dari KPU dan KPU Provinsi dan salinan DPT akan secepatnya didistribusikan. “Sebelumnya kami juga sudah mengirimkan kotak dan bilik suara, bantalan, paku, tinta dan alat kelengkapan TPS lainnya. Untuk surat suara harus selesai tiga hari,” kata Ace.

Ace menambahkan, apanbila llogistik Pemilu yang sudah diterima PPK masih ada kekurangan, diharapkan kepada PPK untuk segera melapor yang disertai berita acaranya kepada KPU Lebak. “Kami sudah membuka posko 24 jam untuk menangani masalah dan persiapan Pemilu, termasuk logistik,” ujarnya menambahkan. [Apipi]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *