KPU Lebak Studi Banding Ke KPU Bekasi

KPU LEBAK = Guna mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang bakal digelar pada bulan Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak bersama beberapa unsur diantaranya Kepolisian, TNI, wartawan, serta Dindikbud Kabupaten Lebak, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke KPU Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat selama tiga hari, (26-28/7).

Ketua KPU Lebak Ahmad Syafarudin menyatakan, kunker ini penting dilakukan guna bahan untuk diterapkan pada Pilkada Lebak mendatang. Pasalnya, KPU Bekasi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang baru lalu, berjalan dengan kondusif hampir tidak ada ketegangan selama proses demokrasi di wilayah tersebut serta partisipasi masyarakat yang cukup tinggi patut kiranya untuk diaplikasikan di Kabupaten Lebak.

“Kita ingin belajar dari KPU Bekasi. Kenapa kita pilih ke Bekasi, sebabkan KPU Kabupaten Bekasi telah suskses menyelenggarakan Pilbub, yang berakhir tanpa gugatan, tidak ada konflik, bahkan tingkat partisipasi pemilih pun sangat tinggi,” ujar Ahmad Syafarudin, melalui rilis yang dikirim kepada Banten Raya, kemarin.

Hal senada diungkapkan Cedin R Nurdin, komisioner KPU Lebak bahwa, dari kunker ini diharapkan dapat segudang pengalaman dan ilmu dari KPU yang dikunjungi. Sebab, target KPU Lebak pada Pilkada 2018 nanti harus suskes dalam artian partisipasi meningkat disbanding tahun lalu juga tidak ada masalah yang berpotensi menimbulkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

“Dalam Pilkada serentak nanti banyak regulasi yang berbeda dari Pilkada 2013 lalu, karenanya, kita semua perlu belajar kepada yang sudah melaksanakan,” katanya.

Lanjutnya, Kunker yang diikuti berbagai unsur ini, karena Pilkada tidak hanya tugas KPU belaka, akan tetapi menjadi tugas semua pihak.

“Semua lapisan masyarakat punya andil dalam menyukseskan Pilkada, termasuk media,” ucapnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ihdam kholik, saat menerima kunjungan rombongan dari Kabupaten Lebak merasa tersanjung dan mengapresiasi atas kunjungan KPU Lebak ke KPU Bekasi.

“Suksesnya penyelenggaraan Pemilu kemarin, berkat proaktif dengan semua pihak termasuk dengan pasangan calon dan tim pemenangan atau kampanye, kuncinya silaturahmi, komunikasi dan  jemput bola untuk suksesnya pilkada,” tutur Ihdam.

Selain itu juga, KPU Bekasi melakukan roadtour dan merangkul dengan media-media seperti tv, radio, cetak dan elektronik, serta selalu berkomunikasi dengan Muspida, ketika ada masalah langsung diselesaikan tanpa menunggu berlama-lama. [fadilah]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *